Minggu, 29 April 2012

Virus "Phyton" serang Mac dan Windows

Baru saja pengguna Mac dihebohkan dengan munculnya virus Flashback, kini ada lagi program jahat yang juga dirancang untuk menyerang Windows.

Menurut pelesuran vendor keamanan Sophos, virus tersebut dibuat menggunakan bahasa pemrograman Python dan menyerang dengan memanfaatkan celah yang ada pada Java. Baik itu versi Windows atau juga milik Mac besutan Apple.

Jika sudah berhasil menyusup, virus yang terdeteksi sebagai Mal/20113544-A dan Mal/JavaCmC-A itu pun akan mengunduh file-file yang dibutuhkan untuk melancarkan aksinya. Filenya pun berbeda, tergantung dari sistem operasi yang dipakai korbannya.

Pada Windows virus tersebut akan mengunduh file bernama Troj/FlsplyBD-A, sedangkan pada Mac install_flash_player.py. Dan ketika seluruh file tersebut terunduh maka virus akan mulai melancarkan aksinya.

Seperti dikutip detikINET dari Sophos, Sabtu (28/4/2012), untuk menghindari ini pengguna Windows disarankan untuk mengupdate aplikasi antivirus yang digunakan. Sedangkan pengguna Mac bisa menghapusnya dengan mudah.

Anda hanya perlu mencari file virus tersebut di folder /Users/Shared/, kemudian temukan file bernama update.sh dan update.py. Nah kedua file virus itu bisa langsung segera dihapus.

0 komentar:

Posting Komentar