Sabtu, 28 April 2012

Media Audio Pembelajaran



       Apa yang terpikir dalam benak Anda, ketika mendengar istilah Audio?
     

       Segala sesuatu yang dapat didengar oleh telinga normal dapat dikatakan sebagai audio atau suara. Telinga normal hanya mampu mendengar suara dalam rentang frekuensi antara 20 sampai 20.000 Hertz. Suara itu bisa berupa kata-kata atau ucapan, musik, bunyi-bunyi, dan sebagainya.

       Lalu apa yang dimaksud dengan media audio?
       Media berasal dari kata “Medium” yang berarti pengantar atau perantara, yaitu pengantar/perantara sumber pesan dengan penerima pesan. Jadi media audio yaitu media untuk menyampaikan pesan atau rangkaian pesan hanya melalui suara.  

       Media audio mempunyai sifat yang khas, yaitu:
·           Hanya mengandalkan suara (indera pendengaran)
·           Personal
·           Cenderung satu arah
·           Mampu menggugah imaginasi


Selanjutnya apa yang dimaksud dengan media pembelajaran? Ada beberapa pendapat tentang definisi media pembelajaran.
·           Schramm (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
·           Briggs (1977) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya.

       Kaitannya dengan audio sebagai media pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa media audio pembelajaran yaitu sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau rangkaian pesan materi pembelajaran melalui suara.

0 komentar:

Posting Komentar